Senin, 18 Februari 2013 - 09:53:36 WIB
Rossi 'Terlahir Kembali' Setelah Tes MotoGP Sepang
- Dibaca: 1080 kali

Arenabalap - Valentino Rossi yakin penampilannya dalam tes pembukaan MotoGP 2013 membuktikan ia masih merupakan pembalap top bahkan jika keunggulan masa lalunya secara bertahap telah terkikis.

Setelah menderita dua musim pertama tanpa kemenangan dalam karirnya di kelas utama dengan Ducati, kembalinya Rossi ke Yamaha menghasilkan lompatan di timesheets Sepang pada awal Februari ini.

Rossi mengatakan ia merasa terevitalisasi atas kembalinya dia ke puncak timesheets.

"Aku lega [dan] sangat senang dengan bagaimana hasil tes pertama [berlangsung]," katanya pada Motosprint.

"Aku ingin tahu apakah aku masih seorang pembalap top. Aku juga punya keraguan sendiri.

"Aku ternyata masih berada disana, dengan pembalap terkuat di dunia, orang-orang di puncak karir mereka.

"Aku merasa aku dilahirkan kembali. Aku tidak tertinggal jauh."

Pembalap 33 tahun ini mengaku bahwa bagaimanapun juga ia tidak lagi merasa memiliki keunggulan pada seluruh sirkuit karena adanya persiapan race dan strategi.

"Balapan, pertarungan satu-lawan-satu, selalu menjadi salah satu poin kuatku. Namun sayangnya, mengingat bagaimana MotoGP sekarang, ini semakin kurang penting dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu," jelasnya.

"Dulu hampir tidak ada strategi lebih yang terlibat, hanya murni kecepatan. [Sebelumnya] anda bisa memenangkan balapan meskipun mungkin memiliki kecepatan sedikit lebih lambat dibanding saingan anda: Ada lebih banyak ruang untuk menciptakan sesuatu.

"Katakan saja bahwa itu adalah keuntungan yang dulu kumiliki, yang mana sekarang jadi kurang penting lagi.

"Aku [juga] mengajarkan banyak hal kepada pembalap yang datang padaku [untuk] menanyakan masalah detail agar ketika sampai pada balapan mereka ada dalam kondisi terbaik.

"Jadi, kesimpulan akhirnya adalah bahwa aku sekarang tidak memiliki keuntungan itu lagi."

Meskipun ia mengakui telah kehilangan beberapa keunggulan masa lalunya, Rossi menegaskan bahwa ia belum menyerah dalam segi kecepatan dan keberaniannya di masa lalu.

Ditanya apakah memasuki usia 30-an telah meredupkan kemampuannya, ia menjawab: "Aku pernah membaca pepatah bahwa 'pengalaman' adalah sebutan yang kita berikan pada kesalahan kita sendiri. Ini adalah kalimat yang bagus, dan itu sangat benar.

"Kau tidak kehilangan banyak ketika tidak menjadi agresif, atau tidak mampu lagi membalap secara all out karena alasan takut.

"Anda mencoba untuk mengambil risiko lebih sedikit di masa-masa sulit, misalnya ketika hujan mulai turun dan anda menggunakan ban slick. Sini keuntungan diambil oleh anak muda ceroboh yang belum pernah kecelakaan secara serius.

"Setelah mengalami jatuh dalam kondisi tersebut, mungkin kondisi bawah sadarku yang mengingat itu dan otak memberitahuku agar berhati-hati.

"Mungkin itulah yang tidak lagi anda miliki, menurut pendapatku, aku tidak kehilangan apapun."




Artikel Terkait





NAATI Translation
19 Februari 2013 - 05:52:53 WIB

selamat untuk V Rossi
Free CNA Classes
22 Februari 2013 - 14:17:43 WIB

A very nice website. This is mays site about http://bjfk.in/9b free cna programs.
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>